Posted by : Unknown Sabtu, 30 Juli 2016

                                                   =-[ Perbandingan Eva vs Gundam ]-=


Are, kita bertemu lagi dengan si kece dari Gua Hantu xD
#Plak~

Kalian pada pernah liat Evagelion? Atau Gundam? Kedua Anime itu adalah Anime Genre "Mecha" yang kurasa cukup mengukir prestasi pada Era mereka masing-masing, oleh karena itu kita akan sedikit membandingkan meski sekedar opini loh senpai mastah sekalian, Warning Not for Provokasi (?)
#RIP English~

Happy Read senpai ^-^)

[ Segi Bahan Baku ]
Kita lihat apa sih bahan baku Gundam itu? Kurasa cuma sekedar olahan dari mineral dari dalam bumi contoh seperti besi, nikel, perunggu dan lain-lain sehingga Gundam “cenderung” udah dirusak oleh berbagai faktor. 

Bandingkan dengan Eva? Eva itu sebenarnya bukan 100% robot melainkan makhluk genetika dengan dilengkapi sistem control dari pusat kendali dan bahan baku dari Eva adalah DNA dari makhluk yang dinamakan “Angel” dalam Anime itu sendiri ditambah lagi Eva memiliki program bernama A.T Field dimana Eva akan bisa direka ulang apabila rusak. Oleh karena itu Eva akan sulit dihancurkan oleh peralatan modern sekarang ini.

[ Segi Energy ]
Pada sisi ini lihatlah energi dari Gundam itu berupa batterai dengan kapasitas minimum cukup untuk 10 menit keatas dalam sebuah pertempuran apalagi kadang Gundampun memiliki Energi cadangan untuk bergerak.

Berbeda dengan Eva Unit, Eva Unit membutuhkan kabel listrik berkekuatan ratusan volt untuk menghidupkan Eva Unit sehingga Eva cenderung ketergantungan energi dari supply listrik. Ditambah lagi apabila kabel itu dilepas maka Eva Unit akan dapat bertahan beberapa menit sebelum akhirnya nonaktif.

[ Segi Weapon ]
Lihatlah segala senjata milik Gundam mulai dari beam laser, missile, saber laser dan lain-lain semua itu sudah lengkap dimelekat di dalam rongga celah pada badan Gundam sehingga mudah untuk digunakan.

Sekarang lihatlah senjata milik Eva Unit mayoritas persenjataan Eva Unit terpisah dengan Eva itu sendiri sehingga cukup merepotkan apabila keadaan sedang kritis apalagi persenjataan Eva masih berupa senjata manual seperti knife, machine gun dan lain-lain.

[ Segi Attack ]
Beberapa moment battle pada Anime Gundam dapat kita tarik kesimpulan yaitu serangan Gundam cenderung mengambil Timing pas sehingga rata-rata dalam pertempuran di Anime Gundam itu cenderung mencari celah sisi lengah musuh dan dalam posisi ideal sehingga membuat kerusakan berarti pada musuh apalagi Gundam dapat bergerak leluasa kecakupan bahkan luar angkasa ditambah beberapa program khusus seperti Zero System, FX Burst Mode dan lain-lain yang dapat diandalkan.

Berbanding terbalik dengan Eva Unit, pada saat moment battle di Eva rata-rata serangan Eva itu mengandalkan sisi brutalisme sehingga merugikan bagi user Eva Unit itu sendiri padahal musuh mereka adalah makhluk hidup genetik dengan kemampuan A.T Field untuk menuntaskan Eva dalam serangan-serangan dengan komposisi pas sehingga seorang pilot Eva Unit bila bertempur sendiri akan sedikit kerepotan menangani satu Angel saja ditambah gerakan Eva itu sangat terbatas oleh panjangnya kabel listrik.

[ Segi Defense ]
Pertahanan pada Gundam itu berupa shield meski begitu shield dari Gundam dapat menahan serangan beam laser dari musuh.

Berbeda dengan Eva Unit, pertahanan dari Unit ini adalah A.T Field sehingga dapat berefek serangan dapat ditahan beberapa saat lalu dilepaskan kembali entah itu counter attack ataupun bukan.

[ Segi Pilot ]
Dalam Faktor ini Gundam memiliki pilot dengan skill berbobot meski mereka adalah bukan sepenuhnya manusia melainkan mutasi gen dari beberapa program dengan beberapa tipe seperti Newtype, Natural dan lain-lain. Pilot Gundam cenderung bersikap dewasa meski salah satu pilot Gundam kadang juga labil karena baru pertama kali menaiki sebuah robot untuk membunuh.

Berbeda dengan Gundam, Eva memiliki pilot bisa dikatakan bersikap labil dengan usia masih dibawah umur namun meski begitu sifat ini, Justru mengutungkan bagi Eva. Kenapa? Karena dengan adanya sifat yang temprament ini maka Eva akan dapat membangkitkan mode Berserk dalam posisi kepepet sehingga dapat memenangkan berbagai pertempuran saat Time Lipse dari Eva itu habis.
#########################

Keren bukan minna? ^^
Tapi kedua Anime itu memiliki peran masing-masing dengan prolog berbeda sehingga menurut kami pribadi kedua Anime ini tak akan bisa dibandingkan, oleh karena itu semua cuma sekedar pendapat.
Sekali lagi penekanan, Just Opini oke 󰀀

Semoga bermanfaat ! ^-^)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Sillent Killing. Diberdayakan oleh Blogger.

Feature

Anti Klik Kanan

Pages

Blogger news

Followers

Cursor

Akatsuki Red Cloud Symbol Emblem

- Copyright © SNH Blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -